WAMI Anggap Via Vallen Tak Langgar Hak Cipta Lagu SID

WAMI Anggap Via Vallen Tak Langgar Hak Cipta Lagu SID - Sahabat Artis Media, kali ini Artis Media akan memberikan informasi penting , viral dan terupdate tentang artis - artis mancanegara dengan judul WAMI Anggap Via Vallen Tak Langgar Hak Cipta Lagu SID yang telah kami rangkum semenarik mungkin untuk menemani dan mengupdate wawasan anda tentang artis atau selebriti kesayangan anda. Semoga informasi dari Artis Media yang telah kami sajikan mengenai tentang informasi Hiburan, dapat menjadikan anda lebih berwawasan dan mengetahui tentang artis idola anda. Tidak lupa Artis Media menyampaikan untuk selalu ikuti informasi dari kami yang menarik, informatif dan ringan mengenai berita - beita artis hanya di Artis-Media.

Judul : WAMI Anggap Via Vallen Tak Langgar Hak Cipta Lagu SID
link : WAMI Anggap Via Vallen Tak Langgar Hak Cipta Lagu SID

Artis-Media with
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak Wahana Musik Indonesia (WAMI) sebagai salah satu lembaga yang mengurusi terkait royalti dan hak cipta sebagian musisi menilai bahwa kasus Via Vallen menyanyi 'Sunset di Tanah Anarki' bukanlah pelanggaran hak cipta.

Wakil Ketua Wahana Musik Indonesia Irfan Aulia Irsal menyampaikan kalau pelantun 'Sayang' itu pada prinsipnya tak melanggar hak cipta seperti yang diduga terjadi usai ada protes dari penyanyi aslinya, Jerinx Superman Is Dead (SID).

"Saya menilai Via Vallen tidak melanggar hak cipta dalam konteks ini ya," jelas musisi yang dikenal sebagai Irfan 'Samsons' itu kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Senin (12/11).

Irfan sampai pada kesimpulan tersebut merujuk pada pengakuan Via Vallen bahwa lagu bertemakan 'Gerakan Melawan Lupa' itu tidak pernah direkam dan diedarkan secara resmi oleh label yang menaunginya.


Adapun CD yang beredar ia sebut sebagai bajakan dan berada di luar kuasa penyanyi 'Meraih Bintang' ini.

Dugaan pelanggaran hak cipta itu muncul setelah pihak SID menyebut 'Sunset di Tanah Anarki' versi koplo milik Via telah merusak roh lagu tersebut. Namun Irfan punya pandangannya sendiri.

"Selama Via menyanyikan seperti apa yang ditulis dan notasinya tidak diubah secara signifikan, harusnya enggak melanggar ya. [Pendapat] ini dari apa yang saya baca."

[Gambas:Youtube]

Meski begitu, Irfan menilai ada hal lain yang bisa dilakukan Via untuk menghindari konflik hak cipta ini.

Irfan menyebut sebaiknya Via Vallen minta izin ke SID terlebih dahulu sebelum menyanyikan lagunya meskipun hal tersebut tidak diwajibkan.


"Sesama penampil, apalagi sekelas Via Vallen ya. Dia kan bisa saja kenal kan [dengan SID]. Secara etika, Via Vallen itu harusnya berizin kepada Jerinx dan kawan-kawan kalau memang sering menggunakan lagunya. Itu yang disebut etika hak cipta. Ketika sudah bicara izin, baru kita bicara [hak] ekonomi,"tambahnya.

Di sisi lain, Irfan menuturkan bahwa dengan meminta izin Via akan terhindar dari dugaan perusakan roh dari lagu SID karena setiap pencipta lagu punya pakem dari karyanya sendiri.

"Nah itu salah satu alasan kenapa izin itu diperlukan supaya pencipta dan perfomer bisa berinteraksi ini lagunya tentang apa sih? boleh gak sih dipake joget-joget untuk menjaga spiritual lagu," jelasnya.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Akan tetapi, Irwan menyebut SID memang berhak memperoleh royalti dari pihak penyelenggara acara yang mengundang Via Vallen sebagai penampil atas penggunaan lagunya.

Hal ini karena Via Vallen ketika bernyanyi di atas panggung menggunakan performing rights atau hak membawakan. Irwan menyebut pihak yang mestinya memenuhi hak ini adalah pengundang Via, alias penyelenggara acara.

"Via Vallen itu manggung dibayar kan? Lagu-lagu yang dinyanyikan Via Vallen itu juga harus dibayarkan oleh si promotor tersebut di mana salah satunya itu adalah 'Sunset di Tanah Anarki'. Di seluruh dunia peraturannya seperti itu," kata Irfan.

[Gambas:Youtube] (tsy/end)

Let's block ads! (Why?)

Read Again http://bit.ly/2JXtH1j

Demikianlah informasi dari WAMI Anggap Via Vallen Tak Langgar Hak Cipta Lagu SID

Semoga berita dan informasi artis berjudul WAMI Anggap Via Vallen Tak Langgar Hak Cipta Lagu SID kali ini, dapat memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel berita dan informasi artis lainnya.

Anda sekarang membaca artikel WAMI Anggap Via Vallen Tak Langgar Hak Cipta Lagu SID dengan alamat link https://artis-media.blogspot.com/2018/11/wami-anggap-via-vallen-tak-langgar-hak.html

Subscribe to receive free email updates:

AdBlock Detected!

Ooooooops !!! Forgive me friend -_-

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×